Kamis, 12 April 2012

Pengguna Laporan Keuangan


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)



A.    Mata Pelajaran   : Akuntansi

B.    Kelas                    : XI/ 2

C.      SK                        : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa

D.     KD                        : Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa

E.   MATERI POKOK :

1.      Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
2.      Keguanaan & Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
3.      Beda Laporan Keuangan & Pelaporan Keuangan
4.      Pengguna Laporan Keuangan
5.      Keterbatasan Laporan Keuangan
6.      Bentuk Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
7.      Laporan Laba/Rugi
8.      Laporan Perubahan Ekuitas
9.      Neraca





   H.    MATERI

Pengguna Laporan Keuangan




1.     LAPORAN KEUANGAN

PENGGUNA LAPORAN KEUANGAN





Laporan keuangan diperlukan oleh pihak-puhak yang berkepentingan terhadap kinerja perusahaan seperti pemegang saham, pimpinan, investor, bank pemerintah (kantor pajak), dan sebagainya. Para pengguna laporan keuangan digolongkan menjadi dua yaitu, pihak internal dan pihak eksternal.

1.      Pihak Internal
Pihak internal ialah pihak yang berhubungan langsung dengan operasi perusahaan sehari-hari, misalnya pemimpin perusahaan (manajer). Manajer sebagai pengelola perusahaan dan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan. Banyaknya jenis data  yang dibutuhkan oleh seorang manajer tergantung dari besar kecil perusahaan yang dikelolanya. Informasi ini dibutuhkan oleh manajeruntuk mengevaluasi kegiatan usaha yang akan dijalankan.

2.      Pihak Eksternal
Pihak eksternal ialah pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan, tetapi tidak terlibat secara langsung dalam membuat berbagai keputusan dan kebijakan operasional perusahaan. Pihak eksternal diantaranya sebagai berikut:
a.    Pemillik perusahaan, memerlukan informasi akuntansi pada waktu tertentu untuk mengetahui posisi keuangan perusahaannya.
b.   Investor & pemegang saham, memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui status keuangan dan prospek perusahaan yang akan datang. Informasi ini dijadikan pertimbangan dasar untuk menanamkan modal atau tidak pada perusahaan tersebut.
c.    Kreditor, memerlukan informasi akuntansi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam melunasi hutangnya.
d.   Pemerintah, berkepentingan terhadap informasi akuntansi suatu perusahaan berkaitan dengan masalah perpajakan. Dari laporan keuangan yang ada, pemerintah dapat menentukan jumlah pajak dan penetapan pajak dari perusahaan tersebut.
e.    Karyawan, memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui profitabilitas dan akuntabilitas perusahaan tempat mereka bekerja.
f.    Masyarakat, terutama yang berada disekitan perusahaan, karena perusahaan berkepentingan dalam penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.


Keterangan lebih detail baca situs dibawah ini.

Tidak ada komentar: